7 Ciri-Ciri Investasi Terpercaya dan Legal yang Bisa Anda Pilih

7 Ciri-Ciri Investasi Terpercaya dan Legal yang Bisa Anda Pilih

Banyaknya investasi bodong tentu saja membuat sebagian besar investor pemula semakin ragu untuk memulai investasi. Sebenarnya, Anda tidak perlu terlalu takut terhadap hal tersebut. Jika mengetahui ciri-ciri investasi terpercaya dan legal, maka Anda bisa terhindar dari investasi bodong. Lantas, apa saja ciri-cirinya? Simak di sini!

Ciri-Ciri Investasi Terpercaya dan Legal

Ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa sebuah investasi dapat Anda percaya, berikut ciri-cirinya:

1. Terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Sebagian besar orang mungkin sudah paham bahwa sebuah investasi dikatakan terpercaya apabila terdaftar OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. OJK adalah lembaga yang mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan di Indonesia. Anda bisa mengecek apakah sebuah investasi terdaftar OJK atau tidak melalui website resmi dari OJK.

2. Terdaftar BAPPEBTI

Tak cukup OJK saja, investasi yang Anda pilih juga harus terdaftar di BAPPEBTI atau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Salah satu kewenangan dari BAPPEBTI yaitu menerbitkan izin usaha bagi bursa efek berjangka. Jadi, jika investasi berjangka memiliki izin BAPPEBTI, artinya investasi tersebut legal dan aman untuk Anda pilih.

3. Terdaftar IDX

IDX atau Indonesia Stock Exchange juga dikenal dengan istilah Bursa Efek Indonesia (BEI). Pihak ini menyelenggarakan dan menyediakan sarana jual beli efek di Indonesia. Jika ingin investasi seperti saham, Anda wajib memilih platform yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia atau IDX ini. Tidak adanya izin IDX mengindikasikan bahwa investasi tersebut ilegal.

4. Terdaftar KSEI

Ciri-ciri investasi terpercaya dan legal selanjutnya yaitu terdaftar KSEI atau lembaga penyimpanan dan penyelesaian di Pasar Modal Indonesia. KSEI sendiri merupakan singkatan dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia. Tujuan dari KSEI yaitu membuat transaksi efek lebih wajar, teratur, dan juga efisien untuk menghindari kerugian akibat investasi.

5. Menawarkan Janji yang Rasional

Semua orang yang berinvestasi pasti menginginkan keuntungan. Meskipun begitu, Anda tidak boleh terlalu mudah tergiur dengan janji-janji keuntungan dari sebuah investasi. Pastikan investasi yang Anda pilih menawarkan keuntungan yang wajar. Pasalnya, keuntungan dari investasi tentu saja akan dibagi antara pemilik platform dan juga investor. Jadi, keuntungannya masih terbilang wajar.

6. Berasal dari Perusahaan yang Kredibel

Biasanya, investasi bodong berkedok investasi online yang mudah, cepat, praktis, dan menawarkan banyak keuntungan. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dengan investasi online yang menawarkan keuntungan besar. Usahakan memilih platform dari perusahaan kredibel dan terpercaya. Saat ini sudah banyak lembaga keuangan yang mengeluarkan platform investasi, misalnya Mandiri dengan MOST by Mandiri Sekuritas.

7. Selalu Ada Risiko Pada Setiap Investasi

Perusahaan pengelolaan investasi legal dan terpercaya akan menjelaskan investasi secara detail. Termasuk apa saja risiko-risiko yang mungkin bisa didapatkan oleh investor saat berinvestasi. Perlu Anda ketahui bahwa semua investasi pasti memiliki risiko. Tinggal risikonya itu besar atau kecil. Jika mengetahui risikonya, Anda mungkin bisa mencari cara agar risiko tersebut bisa dihindari.

Itulah informasi mengenai ciri-ciri investasi terpercaya dan legal yang bisa Anda jadikan pilihan. Agar terhindar dari investasi bodong, pastikan memilih platform investasi yang tepat. MOST by Mandiri Sekuritas menjadi pilihan yang tepat karena berada di bawah bank Mandiri.

Aplikasi satu ini sudah mendapatkan izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan IDX. Pilihan produk investasinya juga lengkap. Mulai dari Saham, Reksa Dana, Obligasi, Syariah, hingga Fasilitas Margin. Anda bisa mendapatkan banyak informasi termasuk analisis saham, riset dna berita, dan lain sebagainya. Download aplikasi MOST by Mandiri Sekuritas sekarang juga di device Anda.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *