Bisa Digunakan Untuk Bisnis Skala Kecil, Inilah Berbagai Manfaat Digital Marketing

Bisa Digunakan Untuk Bisnis Skala Kecil, Inilah Berbagai Manfaat Digital Marketing

Dewasa ini pemasaran secara digital atau yang dikenal juga sebagai digital marketing memang lebih banyak diterapkan oleh para pelaku usaha, dibandingkan dengan kegiatan marketing konvensional atau langsung. Manfaat digital marketing sudah banyak dirasakan oleh para pengusaha, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba.

Apalagi menariknya banyak juga perusahaan yang tidak menerapkan kegiatan marketing digital mereka sendiri, melainkan mempercayakannya kepada perusahaan lain dengan fokus ini yaitu digital agency.

Tentunya biaya yang harus dikeluarkan jika mempercayakan kegiatan marketing kepada pihak lain akan jauh lebih mahal, dibandingkan dilakukan sendiri atau dengan merekrut karyawan yang ahli di bidang tersebut.

Pastinya banyak yang sudah tahu bahwa sebenarnya marketing ini sendiri merupakan ujung tombak di dalam bisnis, karena akan berhubungan dengan penjualan. Jika seandainya marketing berhasil dengan baik tentu akan berdampak pada penjualan yang mengalami peningkatan bukan.

Kegiatan marketing atau pemasaran ini sendiri juga termasuk yang memakan biaya paling besar, apalagi jika menginginkan hasil yang optimal. Marketing digital memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk pemasarannya, yaitu dengan menggunakan internet, sehingga pemasaran bisa menjangkau target market secara lebih luas. Berbicara mengenai manfaat digital marketing ini sendiri banyak, diantaranya adalah :

1. Mengoptimalkan bisnis tanpa perlu keluar banyak modal, dibandingkan dengan kegiatan pemasaran tradisional atau konvensional layaknya iklan di media cetak atau dengan iklan di media elektronik yang sekali penayangannya saja memakan biaya yang sangat besar. Maka pemasaran berbasis digital ini membutuhkan biaya yang lebih kecil, pas untuk diterapkan oleh pengusaha dengan modal yang terbatas, namun masalah efektifitasnya sendiri juga tidak perlu diragukan lagi, karena sudah pasti optimal dalam mendongkrak penjualan.

2. Memperluas jangkauan, pemasaran konvensional jangkauannya terbatas, padahal biaya yang harus dikeluarkan untuk marketing tradisional ini mahal. Berbeda halnya dengan digital marketing, karena memanfaatkan internet sebagai perantaranya, maka secara otomatis hal ini memungkinkan area jangkauannya juga lebih luas, bukan hanya di sekitar saja, melainkan juga sampai ke luar kota bahkan juga pulau, produk bisa dipasarkan secara lebih efisien. Nantinya calon konsumen juga lebih mudah untuk mengenali produk maupun jasa yang ditawarkan tersebut.

3. Mempermudah untuk bisa beradaptasi dengan trend baru, era digital seperti sekarang ini memungkinkan masyarakat lebih mudah mengikuti trend yang ada, karena tidak terlepas dari kebiasaan mereka yang senang dalam mengakses internet. Hal ini memberikan peluang untuk pelaku usaha untuk beriklan secara massif lewat internet yang biayanya lebih terjangkau. Membuat berbagai konten baru yang kekinian yang punya potensi untuk viral, sehingga membuat usaha tersebut menjadi lebih dikenal.

4. Membangun reputasi brand, digital marketing juga menjadi tempat yang pas untuk branding perusahaan, bagaimana nantinya ia bisa dilihat oleh konsumen sangat tergantung pada kegiatan pemasaran yang dilakukan tersebut. dengan adanya konten digital yang menarik, maka akan mempermudah penyebaran informasi kepada publik, produk atau jasa akan lebih dikenal masyarakat secara luas dengan cepat dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

5. Meningkatkan keuntungan, jika semua hal di atas didapatkan dari marketing digital, maka dampaknya adalah pada penjualan produk atau jasa dari perusahaan tersebut, pastinya akan ikut mengalami peningkatan. Penjualan yang tinggi dampaknya tak lain adalah membantu meningkatkan profit bagi perusahaan. Bahkan bukan hal yang mustahil bagi pelaku usaha skala kecil atau menengah kebawah nantinya untuk bisa bersaing dengan pelaku usaha besar yang lain, apalagi dengan penjualannya yang tinggi akan lebih cepat bagi perusahaan untuk bisa berkembang.

Begitu banyak manfaat digital marketing yang tidak boleh diabaikan. Penting memang bagi para pelaku usaha masa kini untuk bisa mengikuti trend yang ada, karena semakin kesini kompetitor bisnis jadi semakin banyak. Belajar tentang digital marketing bisa dengan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh lembaga Prasmul-ELI, lembaga pelatihan nomor satu yang ada di Indonesia.

Program pelatihan Prasmul-ELI ini bersertifikat dan diakui, apalagi langsung dibimbing oleh tutor yang kompeten di bidangnya, pendaftarannya mudah bisa akses di website resmi Prasmul-ELI, pilih jadwal yang diinginkan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *