Metode Makan Intermittent Fasting Untuk Kesehatan

Metode Makan Intermittent Fasting Untuk Kesehatan

Banyak orang tentu ingin memiliki tubuh yang ideal dan sehat, apalagi para kaum hawa. Bentuk tubuh yang bagus dan ideal bisa didapatkan dengan menjalani diet. Salah satu jenisnya adalah intermittent fasting atau diet puasa. Intermittent fasting adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Namun di antara waktu tersebut, Anda masih dapat mengonsumsi minuman. Dibandingkan dengan istilah “diet” yang biasanya merujuk pada pengurangan atau pembatasan makan, metode intermittent fasting cenderung lebih mengatur kebiasaan makan Anda.

Metode Makan Intermittent Fasting Untuk Kesehatan

Intermittent fasting banyak mendapat dukungan oleh kaum selebriti dan CEO karena penurunan berat badan serta manfaat kesehatannya. Meskipun ada bukti yang menjanjikan bahwa puasa ini dapat membantu memulihkan tubuh kita dan kemungkinan membantu kita hidup lebih panjang. Namun, metode ini mungkin bukan pendekatan terbaik untuk menurunkan berat badan, dan ahli gizi mendesak agar berhati-hati sebelum mengurangi makan.

 

Intermittent fasting bukan satu-satunya jenis diet yang dibatasi waktu. Diet lain seperti 5:2 (hanya boleh makan dalam jumlah normal selama lima hari, lalu dua hari berikutnya hanya boleh makan 25% dari asupan kalori biasanya) lebih fokus pada jumlah makanan, daripada jarak antara waktu makan. Jadi, intermittent fasting mungkin bukan pendekatan yang tepat untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, tetapi mungkin ada alasan lain untuk mengubah pola makan Anda.

 

Metode intermittent fasting dapat membuat Anda kelaparan dan merasa stres karena belum terbiasa dengan pola makan yang baru. Rasa lapar juga dapat menurunkan performa aktivitas jika Anda tidak mencukupi kebutuhan nutrisi saat periode makan.

 

Efek samping lainnya seperti sakit kepala dan perubahan jam tidur mungkin terjadi pada saat Anda memulai melakukan metode ini. Kabar baiknya, efek ini bersifat sementara sampai tubuh beradaptasi dan Anda menemukan metode yang sesuai. Perlu diingat, makan dengan kecukupan nutrisi dan olahraga teratur merupakan kunci hidup sehat dan mempertahan berat badan ideal.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *