Pengajuan KPR Ditolak Bank? Kenali Penyebabnya Berikut Ini!

Pengajuan KPR Ditolak Bank Kenali Penyebabnya Berikut Ini

Rumah merupakan sebuah kebutuhan pokok bagi manusia, sehingga tidak heran jika kemudian banyak orang yang mengusahakan semaksimal mungkin untuk bisa memiliki hunian sendiri, apalagi jika sudah berniat untuk membangun hubungan rumah tangga atau pernikahan. Namun memang mahalnya harga hunian saat ini juga menjadi alasan masih banyak orang yang belum bisa membelinya. Anda bisa memilih salah satu alternatif terbaik yaitu dengan pengajuan KPR ke bank.

KPR ini sendiri merupakan produk bank yaitu kredit kepemilikan rumah, yaitu bank akan mencairkan sejumlah uang yang digunakan untuk pembelian hunian debitur mereka. Jenis produk keuangan tersebut nyatanya juga tidak kalah populer di pasaran, banyak orang yang menggunakannya karena memang banyak yang merasa terbantu dengan adanya KPR. Mereka bisa jadi punya hunian sendiri dengan pembayaran yang ringan karena lewat cicilan.

Sayangnya memang tidak ada jaminan bahwa setiap pengajuan KPR yang dilakukan oleh nasabah sudah pasti akan diterima, ada juga kemungkinan penolakan bahkan cukup sering terjadi, ada beberapa ciri dimana KPR yang Anda ajukan atau apply tersebut ditolak oleh bank, diantaranya adalah :

  1. Bank tidak menghubungi nasabah setelah pengajuan dilakukan, normalnya ketika berkas diproses dan sesuai maka bank akan menghubungi calon debitur untuk proses selanjutnya, namun jika ada penolakan maka mereka tidak akan menghubungi lagi.
  2. Hasil wawancara yang diberikan oleh bank kurang baik. Seperti dengan banyak pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan bahkan mereka merasa kurang yakin dalam memberikan kredit tersebut.

Lalu sebenarnya ada saja hal yang dapat menyebabkan KPR ini ditolak oleh bank? Berikut yang harus diketahui, yaitu :

  1. Dokumen yang disertakan tidak lengkap, penyebab yang paling umum dan sering terjadi adalah saat dokumen yang diminta oleh bank tersebut tidak dapat Anda penuhi semuanya atau tidak lengkap. Ini adalah kesalahan yang pada dasarnya dapat diperbaiki lagi, yaitu dengan melengkapi apa saja yang menjadi kekurangan tersebut, sehingga bisa diproses lebih lanjut.
  2. Masa kerja belum memenuhi persyaratan dari bank, bank akan memberikan syarat batasan umum serta masa kerja minimal agar bisa mendapatkan KPR tersebut, jika ternyata belum memenuhi masa kerja yang berlaku, ditakutkan setelah dapat pinjaman Anda sudah resign dari pekerjaan, sehingga tidak bisa lagi membayar cicilannya. Untuk itulah maka bank akan menolak permintaan pinjaman.
  3. Dinilai kurang mampu membayar cicilan KPR, penyebab penolakan yang lainnya adalah ketika Anda dinilai masih kurang mampu untuk membayar cicilan tersebut. Bank sendiri pada dasarnya akan melakukan penilaian terhadap kondisi financial dari nasabahnya, berapakah pendapatan perbulan disertai dengan pengeluarannya, jika dirasa tidak seimbang atau kurang, maka mereka tidak mau ambil resiko memberikan pinjaman.
  4. Pengajuan dilakukan melebihi batas usia selesai tenor, misalnya adalah Anda mengajukan pinjaman dengan usia 50 tahun dan tenornya adalah 20 tahun, otomatis permintaan KPR juga akan ditolak, karena dianggap ketika sudah pensiun pastinya tidak akan mampu lagi membayar kewajiban pinjaman tersebut. Itulah mengapa Anda harus menghindari pengajuan atau apply KPR yang melebihi batas waktu produktif, karena bear kemungkinan akan ditolak.
  5. Status kepemilikan rumah yang bermasalah, seperti ketika bank tersebut sudah tahu dengan reputasi buruk developer, maupun kepemilikan dari rumah tersebut yang tidak jelas. Hal ini tentunya dapat memicu masalah di masa depan. Begitu juga ketika pengembang tersebut dikenal sering kali bermasalah dengan customer mereka, bank pasti akan mencegah untuk beli rumah disana.
  6. Punya riwayat kredit buruk, bank sendiri akan menilai catatan kredit Anda sebelumnya lewat SLIK OJK, jika ketika dilihat ternyata masih menumpuk banyak hutang serta kerab bermasalah dengan pembayarannya, hal ini juga akan menjadi pemicu permintaan kredit tersebut nantinya akan ditolak.

Pilih bank yang terpercaya dalam pengajuan KPR ini agar tidak menyesal, carilah yang reputasinya bagus, berpengalaman serta memberikan beban bunga rendah seperti dari bank BCA. Apalagi jumlah nilai limit pinjaman yang ditawarkan oleh bank BCA ini mencapai angka milyaran rupiah. Jadi tidak perlu ragu untuk mengajukan sekarang juga.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *