Penyebab Gula Darah Tinggi Untuk Non Diabetes

Penyebab Gula Darah Tinggi Untuk Non Diabetes

Gula darah tinggi (hiperglikemia) umum terjadi pada orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2, tetapi juga dapat terjadi pada orang tanpa penyakit ini sebagai akibat dari penyakit utama, kondisi medis kronis, gangguan hormonal, atau obat-obatan tertentu.  Dalam hal ini, sering disebut hiperglikemia nondiabetes.

Tergantung pada tingkat keparahan kasusnya, penyebab gula darah tinggi pada orang yang tidak menderita diabetes antara lain :

Gula Darah Tinggi Untuk Non Diabetes

Penyebab Gula Darah Tinggi Untuk Non Diabetes

  • Sakit kepala
  • Meningkatnya rasa haus atau lapar
  • Sering buang air kecil (kencing)
  • Kelelahan parah
  • Penglihatan kabur
  • Detak jantung yang cepat
  • Kesemutan, terbakar, atau mati rasa di tangan atau kaki
  • Infeksi yang sering atau luka yang lambat sembuh
  • Berkurangnya berat badan yang tidak signifikan

Artikel ini menjelaskan beberapa penyebab umum hiperglikemia nondiabetes, serta tiga faktor yang secara independen dapat meningkatkan risiko terkena gula darah tinggi.

 

Sindrom Cushing

Sindrom Cushing adalah gangguan yang disebabkan oleh kelebihan sekresi adrenokortikotropikhormon (ACTH) yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. Ini, pada gilirannya, menyebabkan kelenjar adrenal memproduksi kortisol dalam jumlah berlebihan, hormon stres utama tubuh.

 

Penyakit Pankreas

Penyakit pankreas seperti pankreatitis, kanker pankreas dan fibrosis kistik merupakan penyebab gula darah tinggi karena sel pankreas rusak pada kondisi tersebut.  Insulin Dibuat serta di proses dalam sel-sel pankreas.

Dengan peradangan dan kerusakan pankreas, sel-sel pankreas tidak lagi mampu memproduksi cukup insulin untuk menghilangkan glukosa dari darah untuk mengontrol gula darah.

 

Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang menyebabkan periode menstruasi yang tidak teratur dan seringkali berat. Ini merupakan gangguan endokrin umum di tengah wanita usia reproduksi. Wanita dengan PCOS memiliki ketidak seimbangan hormon, seperti peningkatan kadar testosteron, insulin, dan protein peradangan yang disebut sitokin yang dilepaskan dari jaringan lemak.

 

Walaupun kadar insulin naik, wanita dengan PCOS membuat resistensi insulin sebab hormon insulin mereka tidak bisa mengambil glukosa dengan memadai atau memakainua untuk energi.  Reseptor insulin pada wanita dengan PCOS tidak dapat mengikat insulin secara efisien. Karena insulin mengangkut glukosa, kelebihan glukosa tetap berada dalam aliran darah, menghasilkan penyebab gula darah tinggi.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *