Tips Memilih Preschool untuk Anak

Tips Memilih Preschool untuk Anak

Preschool in Jakarta tidak perlu khawatir, karena terdapat banyak pilihan sekolah untuk Anak, tinggal disesuaikan dengan value yang ingin orangtua terapkan untuk anak. Sekolah pra-sekolah atau preschool memainkan peran penting dalam perkembangan anak karena menyediakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka secara holistik.

Di sekolah pra-sekolah, anak-anak belajar berinteraksi dengan teman sebaya dan guru. Mereka belajar berbagi, bekerja sama, mengungkapkan emosi, dan menyelesaikan konflik. Ini membantu mereka membangun keterampilan sosial yang penting untuk kehidupan sehari-hari dan interaksi sosial di masa depan.

Pada jenjang pendidikan pra-sekolah ini juga menyediakan lingkungan yang kaya akan rangsangan kognitif. Anak-anak diperkenalkan dengan konsep-konsep dasar seperti huruf, angka, bentuk, warna, dan bahasa. Mereka juga didorong untuk bertanya, mengamati, dan bereksperimen, yang membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kemudian ada juga pengembangan lainnya seperti ketrampilan bahasa, motorik, kemandirian, dan mempersiapkan anak untuk masuk ke jenjang sekolah dasar.

Dalam memilih sekolah pra-sekolah untuk anak, parents juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut adalah tips yang bisa parents coba dalam memilih preschool untuk anak yang dikutip dari situs kumparan.com, yaitu :

1. Melakukan Survey

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah sebaiknya parents melakukan survey, baik datang langsung ke sekolahnya atau mengunjungi website resmi maupun sosial media sekolah. Ketahui filosofi dan pendekatan pendidikan dari preschool yang Anda pertimbangkan. Apakah mereka menggunakan pendekatan pembelajaran yang berbasis pada permainan, pembelajaran berbasis proyek, atau pendekatan lainnya? Pilihlah preschool yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan pendidikan anak Anda.

Karena ini adalah pra-sekolah, maka perhatikan rasio guru-anak di preschool tersebut. Pastikan rasio tersebut memungkinkan perhatian individual yang memadai untuk setiap anak. Semakin rendah rasio guru-anaknya, semakin baik, karena anak-anak akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari guru mereka.

2. Buat Daftar Sekolah yang Diinginkan

Setelah survey parents akan mendapat bayangan tentang keunggulan dan kekurangan dari sekolah-sekolah tersebut. Maka setelah survey, parents sebaiknya membuat daftar sekolah yang telah dikunjungi, dan mulai lakukan perbandingan antar sekolah. Dari situ parents akan mendapat bayangan sekolah mana yang tepat untuk anak tersayang.

3. Pertimbangkan Sistem Pembelajaran

Mempertimbangkan sistem pembelajaran adalah salah satu hal terpenting dalam memilih preschool yang tepat untuk anak Anda. Ada sekolah yang menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis permainan, berbasis kurikulum, berbasis Montessori, berbasis proyek, dan beberapa pendekatan pendidikan lainnya.

Saat memilih preschool, penting untuk memilih sistem pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, nilai, dan gaya belajar anak Anda. Selain itu, pastikan preschool memiliki guru-guru yang terlatih dan fasilitas yang mendukung untuk mendukung sistem pembelajaran tersebut.

4. Pertimbangkan Jarak Rumah ke Sekolah

Jarak antara rumah ke sekolah merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih preschool untuk anak Anda, mengingat siswa preschool adalah anak usia dini. Semakin dekat jarak antara rumah dan preschool, semakin mudah bagi Anda dan anak Anda untuk mencapai sekolah setiap hari. Hal ini dapat mengurangi stres dan kesulitan dalam perjalanan, terutama pada saat-saat sibuk seperti pagi hari.

5. Mencoba Trial Class Sebelum Memilih Sekolah

Mencoba trial class sebelum memilih sekolah preschool untuk anak Anda adalah langkah yang sangat baik dan bisa memberikan wawasan yang berharga tentang pengalaman belajar anak Anda di sekolah tersebut. Parents juga bisa menilai apakah anak enjoy dengan sistem pembelajaran serta suasana sekolah atau tidak.

Trial class memberi Anda kesempatan untuk mengenal lingkungan sekolah, termasuk fasilitas, ruang kelas, ruang bermain, dan staf pengajar. Anda dapat menilai apakah lingkungan tersebut aman, bersih, dan merangsang bagi perkembangan anak Anda.

Dengan mempertimbangkan tips di atas dan mengambil waktu untuk melakukan survey hingga perbandingan, maka parents dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih preschool anak.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *