Wajib Tahu, Inilah Langkah-Langkah Pengajuan KPR Yang Tepat!

Wajib Tahu, Inilah Langkah-Langkah Pengajuan KPR Yang Tepat!

Pembelian rumah dengan sistem KPR tentunya bukan hal yang baru lagi bagi Anda, banyak masyarakat di zaman sekarang yang menjadikan KPR ini sebagai solusi untuk bisa segera memiliki hunian impian, meskipun secara keuangan belum mencukupi. Karena untuk KPR ini sendiri cukup dengan membayar uang muka maka nantinya hunian bisa langsung ditempati, semudah itu. Namun faktanya di dalam pengajuan KPR   tidak ada jaminan langsung approve.

Di Indonesia sendiri faktanya hampir semua lembaga pembiayaan atau bank menawarkan produk keuangan yang satu ini, yaitu KPR. Namun kebijakan terkait dengan syarat dan ketentuannya juga berbeda-beda, seperti yang sering kali Anda jumpai dimana memang ada beberapa lembaga pembiayaan yang menawarkan syarat kemudahan KPR, yaitu dapat dilakukan bahkan mulai dari DP 0 persen saja, namun juga ada yang minimal uang mukanya sebesar 20 persen. Mungkin lebih menarik dengan tawaran DP 0 persen ini, namun semakin kecil uang mukanya, maka semakin besar hutangnya, begitu juga beban biaya bunga yang dibayarkan.

Bagi Anda yang ingin melakukan pengajuan KPR ini, setidaknya ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti, diantaranya adalah :

  1. Tentukan rumah yang ingin dibeli, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan sudah memiliki rumah yang akan ditargetkan untuk dibeli dengan KPR. Anda bisa memilih rumah bekas, rumah baru yang sudah jadi atau bahkan hunian yang masih indent, namun yang paling aman memang membeli rumah yang sudah jadi saja. Pastikan harga hunian tersebut juga masuk akal dibandingkan dengan income saat ini. hal ini juga masuk penilaian pihak bank apakah kredit nantinya akan diterima ataukah tidak.
  2. Siapkan uang muka, meskipun ada banyak tawaran KPR mulai dari DP 0 persen, sebaiknya paling aman adalah mempersiapkan uang muka. Bukan tanpa alasan, melainkan dengan adanya uang muka ini maka akan membantu dalam memperkecil atau meringankan uang Anda. Semakin besar DP atau uang muka yang dipersiapkan, maka secara otomatis nantinya beban hutang juga akan turun menjadi lebih kecil nilainya. Minimal siapkan uang muka sebesar 20 persen dari harga hunian, lebih besar maka lebih baik.
  3. Pilih lembaga pembiayaan yang tepat, ada begitu banyak bank yang menawarkan produk KPR ini, sehingga Anda dapat menyiasatinya adalah dengan memilih lembaga yang paling pas. Jangan asal-asalan karena pada dasarnya tidak semua lembaga pembiayaan tersebut aman, banyak juga yang bermasalah, untuk itu Anda bisa melihat dari reputasi perusahaan, besarnya bunga yang dibebankan sampai dengan plafon pinjamannya. Ini sangat penting agar Anda tidak menyesal memilihnya.
  4. Mengecek simulasinya, agar mendapatkan nilai cicilan yang paling pas ditambah lagi dengan tenor sesuai dengan kebutuhan. Maka yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek simulasi kredit terlebih dahulu, yaitu melalui kalkulator KPR yang ada. Faktanya semua perusahaan pembiayaan KPR juga memiliki fasilitas yang satu ini, Anda hanya perlu mengecek di website resminya dan lihat, tidak ada salahnya juga banding-bandingkan agar mendapatkan yang sesuai.
  5. Siapkan dokumen yang diminta, syarat terkait dengan kelengkapan dokumen ini tidak kalah penting. Karena banyak orang yang gagal di dalam pengajuan hanya karena satu dokumen kurang. Dokumen yang akan diminta oleh masing-masing lembaga keuangan atau bank ini juga akan berbeda, jadi Anda harus mengecek semuanya dan pastikan dipenuhi, tidak ada yang kurang.
  6. Tunggu proses verifikasi serta penilaian dari pihak bank, biasanya memakan waktu selama beberapa hari, nantinya calon debitur juga akan diminta untuk melakukan interview guna melihat kelayakan, apakah memang layak untuk diapprove permintaannya ataukah tidak.

Pengajuan KPR sekarang ini juga sudah ada yang online sehingga lebih mudah, sebut saja diantaranya adalah KPR BCA. Tentunya sudah tidak asing lagi dengan lembaga keuangan yang satu ini bukan, mereka juga punya banyak produk menarik yang ditawarkan kepada masyarakat, salah satunya adalah produk pinjaman yaitu KPR ini. Plafon yang ditawarkan besar dengan beban biaya suku bunga bersaing dibandingkan lainnya, sehingga akan lebih aman.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *